LSP-Keuangan Syariah Dirilis

SETELAH melewati proses inisiasi sejak awal 2016, Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) akhirnya meluncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi Keuangan Syariah (LSP-KS).

Lembaga yang merupakan hasil kerja sama para stakeholders keuangan syariah itu diketuai Beny Witjaksono yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Asbisindo.

“(Sebetulnya) LSP-KS telah mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada 31 Desember 2015. Sejak 18 Mei 2016 LSP-KS secara resmi telah melakukan sertifikasi kompetensi guna meningkatkan keahlian sumber daya manusia di industri syariah khususnya perbankan syariah,” terang Beny melalui siaran pers, Sabtu (30/7).

Peluncuran LSP-KS ini dihadiri juga oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, Deputi Komisioner Bidang Pengaturan Perbankan OJK Mulya E Siregar, Komisio-ner BNSP Bachtiar Sirajudin, Ketua Umum Asbisindo Agus Sudiarto, dan Plt Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia Taufik Marjuniadi.

Menurut Beny, saat ini LSP-KS menyediakan sertifikasi manajemen risiko perbankan tingkat 1 sampai dengan tingkat 3 dan pengembangan kerja sama dengan berbagai lembaga pelatihan dan pendidikan.

“Kelak akan tersedia sertifikasi kompetensi pengawas ayariah, sharia guarantee certified analyst (penjaminan), pengelola keuangan mikro syariah, dan amil pengumpul-an dana zakat,” lanjut Beny.

Untuk menunjang layanan sertifikasi, telah tersedia tempat uji kompetensi (TUK) LSP-KS di Jakarta. TUK berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan uji kompetensi (assessment) dan melakukan pemeliharaan serta evaluasi penerapan standar kompetensi dalam uji kompetensi.

Sumber : http://mediaindonesia.com/news/read/59142/lsp-keuangan-syariah-dirilis/2016-08-01/